Setiap Warna punya arti...setiap Warna mewakili sejarah...Warna mewakili kita!

Oktober 21, 2008

Antariksa...


WASP-12 PLanet yang baru ditemukan

Dengan ukuran 2259 centigrade atau satu setengah kali planet Jupiter, dan dengan panas yg luar biasa setengah kali panas permukaan matahari atau sekitar 4.00O derajat Fahrenheit atau 2.200 derajat celcius. Rotasi planet ini sangat dekat dengan bintang nya sekitar 2% jarak antara bumi dengan matahari atau 3,4 juta km ( 2 juta mil ). Planet ini hanya butuh waktu 88 hari untuk mengelilingi matahari, jauh berbeda bila di bandingkan dengan bumi yang membutuhkan waktu 365 hari untuk mengelilingi matahari.
Wasp-12b adalah planet yang terdiri dari kumpalan gas, masanya satu setengah kali planet Jupiter. Para ilmuwan menggunakan metode Transit untuk menemukan planet tersebut metode ini mengizinkan para astronom untuk tidak hanya mencatat kehadiran planet tetapi juga memperkirakan berat dan kepadatannya.Dengan memperkirakan jarak para peniliti dapat menyimpulkan suhu. Semakin dekat objek dengan bintang maka suhu nya akan semakin panas, Wasp-12b adalah salah satu planet yang berhasil di temukan dengan metode ini.
Penemuan Wasp-12b ini pertama kali di umumkan pada bulan April 2008, sebagai planet terpanas dan masa orbit tercepat, dan baru dikonfigurasi pada tanggal 11 Oktober pada pertemuan tahunan American Astronomical Society's Division for Planetary Sciences oleh co-discoverer Leslie Hebb dari University of St. Andrews, Scotlandia.

dikutip dari : space.com

0 komentar:

Posting Komentar

koment na nya....;)