Setiap Warna punya arti...setiap Warna mewakili sejarah...Warna mewakili kita!

Oktober 26, 2009

Toksoplasma...


Mungkin judul na sedikit "berat" hehhehe dan berhubungan dengan dunia ke dokteran but ku ambil simple nya aj dech...awal nya karena nemanin sepupu medical cek ke dokter mata di sana kita sempat share panjang lebar ama tuch dokter ttg mata nya sepupu ku itu, dia memang udah lama make kaca mata minus, sewaktu dokter cek mata sepupu ku tuch dokter bilang syaraf mata kiri nya sudah rusak akibat infeksi....cek dan ricek dokter matanya bilang kalau infeksi itu di sebabkan oleh virus toksoplasma dan meninggalkan bekas di mata sepupu ku.
Memang sich virus itu sudah tidak aktif lagi tapi suatu saat dia bisa tumbuh dan berkembang biak lagi tergantung dari sistem kekebalan tubuh yang di miliki setiap orang. Ku baca di artikel virus ini di tularkan melalui hewan bisa seperti kucing, kelinci, babi, anjing dan hewan mamalia lainya, namun hewan yang rentan menularkan penyakit ini adalah kucing yang di sebut dengan pambawa (carrier) melalui tinja yang terhirup oleh manusia.Parasit toksoplasma berkembang biak di dalam sel darah putih manusia, jaringan parenkim dan sel endotel yang kemudian parasit ini membentuk kista, kista ini bisa bersarang dalam saraf mata,otot jantung, alat pencernaan dll. Pada manusia bila terkena toksoplasma ini akan mengakibat kan flu ringan tetapi pada wanita hamil akan berakibat fatal karena bisa mengakibatkan keguguran dan bila anak yang di kandung lahir akan mengalami pembesaran kelenjer otak dan cacat.
Kista pada organ manusia dapat merusak organ, tergantung pada ganas nya kista dan pada umur berapa si penderita terjangkit.Tindakan pengobatan bila terkena toksoplasma ini dengan membasmi telur parasitnya hingga kista yang berada dalam tubuh manusia bisa di hilangkan. Untuk menghindari toksoplasma sedini mungkin dengan cara memeriksa kan atau cek darah ke laboratorium supaya kita bisa mencegah parasit ini berkembang biak.

2 komentar:

TRIMATRA mengatakan...

wah kirain virus penyakit seperti itu bisa dihilangkan dengan di scaning pake anti virus.

aku punya segudang program anti virus ga terpakai soalnya ;))

warna mengatakan...

@trimatra : xixiixixi kalau bisa di delete pake anti virus sich ku juga mau ...

Posting Komentar

koment na nya....;)